Halo, sobat hace!
Kembali lagi bersama Trueside News di sesi 5 Album Pilihan. Kali ini kami berkesempatan untuk meminta referensi dan cerita di balik album-album pilihan Anom Sandhi (Straight Answer, DJxAA, Outrage), seorang ayah, legal officer, dan pegiat musik hardcore/punk yang sudah berkecimpung dalam skena sejak lama.

Album-album pilihan mas Anom (sapaan akrab kami padanya) meliputi musik-musik non-hardcore/punk dan kental akan nuansa rock/alternatif era ’90an. Hal ini (mungkin) pengaruh paparan musik masa remajanya di mana MTV dan radio-radio sering kali menayangkan atau memutar lagu-lagu sejenis ini. Tentunya ada beberapa pilihan album bergenre hardcore/punk yang menjadi pilihan mas Anom.

Trivia: mas Anom merupakan paman dari Angeeta Sentana, vokalis band indie pop asal Yogyakarta yang saat ini sedang ramai-ramainya menjadi perhatian sobat-sobat hace dan indie di setiap kota: Grrrl Gang.

Nahh daripada penasaran, mending langsung cek aja album-album pilihan mas Anom berikut ini:

Weezer – Blue Album (1994)

Riff-riff yang diciptakan oleh mereka sangat mudah dicerna, drum yang tidak banyak tetek bengek dan paduan suara antara vocal 1, 2 dan 3 yang bikin semuanya jadi perfect. Overall album ini perfect simple but still kickin your mom ass 3000 times harder than your dad!!! hahahahaha

Gorilla Biscuits – Gorilla Biscuits (1988)

Tipikal suara vokal tipis dan sore throat yang tidak merdu membuat warna emas di album ini, riff gitar yang sangat mudah dan yang paling gila adalah BASS line yang variatif untuk band hc punk zaman itu yang tidak biasa. Bisa dibilang evergreen hardcore punk album lah nih. TOP!!!

Nirvana – Nevermind (1991)

Ya emang album ini secara kuping awam mudah diterima dan berkompromi dengan pasar, tapi lagu “Lithium” adalah lagu yang gue bawain dengan band gue waktu SMP kelas 3, waktu pertukaran seni budaya dengan sekolah jepang Indonesia…. what a great moment.

Downset – Downset (1994)

Kalo gue sih bilangnya ini band rap rock punk metal, yang paling keren adalah liriknya yang menggambarkan situasi downtown LA pada tahun 1992 (L.A Riot 1992). Pemerkosaan, pencurian, pembakaran rumah, perang geng vs polisi, geng vs geng. Gila banget deh, kalo baca liriknya kek nonton berita wkwkwk.

The Lemonheads – Come on Feel the Lemonheads (1993)

Yap! Evan Dando di album ini keluar banget karakternya. Lagu ini kerap jadi santapan pagi gue saat sekolah dulu. Sound gitarnya enak banget, kocokan country dan beat punknya ngeblend pas banget. Kerenlah pokoke! gue demen ini dulu baru lari ke Dinosaur Jr. dan Gin Blossom.