Era internet memang mempermudah referensi terhadap musik. Semisal, dengan mendengarkan band tertentu di aplikasi streaming Spotify atau YouTube, akan muncul daftar band dengan gaya musik sejenis atau video serupa. Namun seberapapun sering dan mudahnya mengandalkan referensi dari algoritma aplikasi, teman masih jadi andalan saya untuk mengais referensi musik. Bukan hanya karena referensi jenis musik, referensi dari teman rasanya lebih manusiawi karena melibatkan bukan hanya pendengarannya saja tetapi banyak hal seperti pandangannya terhadap lirik, perasaannya saat mendengar, dan pengalamannya yang berkaitan dengan musik tersebut.

Untuk itu mulai saat ini, setiap minggunya kami akan meminta teman-teman –bukan hanya yang punya band aktif– untuk memberikan track-track dan/atau album pilihannya untuk para pembaca setia Trueside News~


Kali ini kami berkesempatan untuk meminta referensi dari Andri Hasibuan, seorang pegiat fashion dan salah satu mantan pemilik merk streetwear Paradise Youth Club. Berikut adalah lima track pilihannya:

1. Have Heart – Something More Than Ink (What Counts EP-2005, The Things We Carry-2006).

Salah satu lagu Have Heart yang paling gue suka. Menurut gue pribadi, liriknya tuh pemikiran anak muda yang udah wise dan open-minded banget. Gue pribadi kenal hc di era mereka, jadi pas tau mereka dan denger lagu-lagunya, ya udah mereka “keren” banget.
“Your words, and the message you sent, are held in my heart as they burn inside my head, It burns, burning inside my head, even if you chose a different path to tread”.

 

 

2. Youth Of Today – Youth Of Today (Break Down The Walls-1986).


Bagi gue pribadi lagu ini kaya lagu pedoman buat hc kids lah ya haha galak tapi tetep positif! Ya ini yang nggak ada di genre lain haha

 

3. Uniform Choice – Use Your Head (Screaming for Change-1986).

Tetep nih hc banget, time changes people changes, coy! You better use your head.

 

4. William DeVaughn – Be Thankful for What You Got (1974).

Dari hc ke soul haha. Ambil positifnya aja, jangan lupa bersyukur.
“You may not have a car at all, but remember brothers and sisters, you can still stand tall, just be thankful for what you got!

 

 

5. Beastie Boys – Fight for Your Right (Licensed to Ill-1986).

Pas lah ya, ngeroots banget haha, dari hc ke soul terus ke hip-hop. Salah satu lagu yang paling common lah ya buat semua orang kalo udah denger kata Beastie Boys, tapi ya tetep kalo gue pribadi suka karena liriknya. Idealis aja haha, terus percaya dengan apa yang lo yakinin. Yang ngerti akan ngerti kok, yang gak ngerti ya cuma akan judging lo terus haha.
“Your mom busted in and said, “What’s that noise?” Aw, Mom, you’re just jealous it’s the Beastie Boys!