Sobat hace!
Jumpa lagi bersama Trueside News di 5 Album Pilihan!

Saat memilah antrean draft 5 Album Pilihan, gak pernah terpikir sama sekali untuk menjumpai pilihan album dari salah satu orang yang band-bandnya saya dengarkan melalui player saja. Album Superblaster dari Damascus misalnya, adalah salah satu debut album shoegaze lokal terbaik versi saya selain This Old House milik Sunlotus. Meski secara personal menyukai band-bandnya, jujur saya tidak pernah menyaksikannya secara langsung–selalu saja berhalangan.

Album-album pilihannya berorientasi pada kekhasan sound yang mungkin jadi satu dari sekian hal yang menjadi kompas penunjuk arah bermusiknya. Atau ketukan-ketukan konyol serta gila dalam durasi yang ramping. Atau perpaduan perkusi lembab dengan fuzz yang menimbulkan kesan dreamy dalam benak. Semua itu termanifestasikan dalam karya-karyanya bersama Nervous Breakdown, Morfem, Zzuf, dan Damascus.

Ini dia 5 album yang menjadi pilihan Freddie Alexanders Warnerin

Yo Trueside Jakarta, ini 5 Album yg sering gue denger saat berpetualang ngebentuk band!

Ratcat – Blind Love (1991)

Waktu ngeband jaman SMP dulu, Trio Indie Rock asal Sydney Australia ini adalah band pertama yang gue kulik hampir semua lagunya, tau ini band berawal dari oper-operan kaset sama anak gang rumah jaman masih tinggal di Pondok Kelapa! Semua Track di album ini juara!

Nomeansno – Wrong (1989)

Band progressive punk asal Canada ini salah satu yang lumayan sering didengerin dulu waktu awal-awal ngebentuk band hc pertama gue, Nervous Breakdown di tahun 2006 silam! Wright bersaudara berhasil bikin gue jatuh cinta sama sound Drum dan Bassnya!
Dan versi Live and Cuddly juga gak mengecewakan!

Swervedriver – Mezcal Head (1993)

Ini Album cukup berpengaruh buat band Shoegaze gue Damascus! Dari awal ngebentuk beberapa track di album Ini cukup sering dimainin sampe sekarang! Track favorite gue “You Find It Everywhere” sama “The Hitcher”.

Ovens – Ovens (Triple LP, 2009)

Bandnya Tony Molina ini sering banget gue sama anak-anak Zzuf dengerin, dibawa ke latihan sampe ke panggung! hampir semua (44 track) lagu di album ini singkat dan padat, ternyata formula lagu manis dengan durasi yang singkat bisa enak juga!
Fyi 2013 Tony Molina ngerilis EP di band Hardcorenya (Caged Animal) 8 Lagu cuman 4 Menit!

The Jellyroll Rockheads – Intense and Mild EP (2000)

Udah sekian tahun gak dengerin ni Album, akhirnya bulan April kemaren saat rekaman buat EP Morfem (Apapun Dilibas), ni album gue dengerin lagi! Anehnya tiap gue denger Band Thrashcore asal Jepang ini selalu dapet hal yang baru di kuping gue, mereka punya riff gitar yg ajaib, walupun lo dengernya skrg mereka tetap punya sound yg unik!
Kalo kata doi “Song for speedcore lovers”.

Bonus:
Glitterer – Looking Through The Shades

Gue lagi suka sama Album Ned Russin yang baru rilis kemaren, Glitterer – Looking Through The Shades! Ketimbang dua EP sebelumnya, full Album ini lebih matang dari produksi rekaman, lirik, sampe cover albumnya! Enak banget didenger berkali-kali! Track andalan gue “Two”, sama “Digging in The Trash”. Salah satu album terbaik tahun ini lah!